-->

Notification

×

Iklan

" />

Iklan

iklan

Tag Terpopuler

Kombes Pol Nurul Azizah, Polwan pertama Jubir Polri inilah profilnya

Thursday, June 23, 2022 | June 23, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-25T22:13:37Z


Kombes Pol. Dr. Nurul Azizah, SIK, M.Si Kaprodi S3 Ditprogram Pasca Sarjana STIK [foto : Dok. Pribadi]

TERASSULTENG.COM, JAKARTA, Ada sosok yang menarik perhatian media dari mutasi yang dikeluarkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagaimana Surat Telegram Nomor : ST/1214/VI/KEP/2022 tanggal 2o Juni 2022 lalu.


Sosok itu adalah Kombes Pol. Dr. Nurul Azizah, SIK, M.Si seorang Polisi Wanita (Polwan) yang dipercaya Kapolri untuk menduduki jabatan Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Biro Penmas Divhumas Polri.


Kombes Pol. Nurul akan menggantikan posisi yang ditinggalkan Kombes Pol. Gatot Repli Handoko yang mendapatkan promosi bintang satu menjadi Karo Multi Media Divhumas Polri.


Sosoknya memang belum banyak dikenal publik, karena memang jarang terekpose. Tapi siapa sangka Polwan Asal Banyubiru Kabupaten Semarang Jawa Tengah ini kariernya cukup cemerlang dan punya prestasi akademik yang cukup mentereng.


Pengalaman tugas Kombes Pol. Nurul lebih banyak dalam bidang Pendidikan Polri. Mengawali karier sebagai anggota Polri diawali masuk Bintara Polwan tahun 1991, waktu bertugasnya banyak digunakan dengan terus belajar untuk menambah ilmu.


Perempuan Kelahiran 5 November 1972 ini pada tahun 1992 sempat mengikuti kursus Dasba Operator Komputer Hankam. Dua tahun kemudian, ia melanjutkan pendidikan D3 Ilmu Kepolisian tahun 1994 dan lulus tahun 1997. Setahun kemudian 1998 mendapatkan kesempatan mengikuti pendidikan Setukpa Polwan dan menyandang pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda)


Tugas pertama sebagai perwira ditempatkan di staf personil di Mabes ABRI. Pada tahun 2000 dirinya ditarik ke Mabes Polri sebagai stag perencanaan umum dan anggaran, sejak itu ia banyak berkutat dibidang perencanaan, pengembangan dan penganggaran Polri.


Ditarik ke Mabes Polri  dengan tugas dan tanggung jawab yang lebih berat, tidak menyurutkan langkah Nurul Azizah untuk terus belajar. Tahun 2005, ia melanjutkan pendidikan S1 di PTIK/STIK dimana saat itu ia sudah menyandang pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP).


Tahun 2009, Nurul naik pangkat menjadi Komisaris Polisi (Kompol). Tahun 2010 Nurul ditugas di Polda Metro Jaya dan Pamen PTIK. Ia melanjutkan pendidikan S2 di universitas Indonesia dan lulus tahun 2012. Pada bulan Juli 2014 Nurul Azizah naik pangkat menjadi Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).


Setahun kemudian, ia dipercaya menjabat Kasubbag Prodi S3 STIK/PTIK, lalu menjabat Kasubbag Monev Tala Rolemtala Srena Polri pada tahun 2017, Jenjang pendidikan S3 diraihnya di Universitas Negeri Jakarta dan meraih gelar doktor pada tahun 2017. Jabatan lain yang pernah diemban Kasubbaglemwil Baglem Rolemtala Srena Polri tahun 2018 dan Kabag Jianalis Rolemtala Srena Polri tahun 2019.


Kariernya semakin cemerlang setelah naik pangkat menjadi Komisaris Besar (Kombes) pada Januari 2020. Tahun itu juga ia dipercaya menjadi dosen utama di STIK. Kombes Nurul merupakan salah satu sosok yang mendorong terbentuknya puluhan Polres baru di Indonesia. Jabatannya sebelum dipercaya menjadi Kabagpenum Divhumas Polri adalah Kepala Prodi S3 Direktorat Program Pasca Sarjana STIK Lemdiklat Polri. (TS/Sul)*

Iklan-ADS space iklan Iklan-ADS space iklan Iklan-ADS space iklan Iklan-ADS space iklan Iklan-ADS
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini