-->

Notification

×

Iklan

" />

Iklan

iklan

Tag Terpopuler

Tip Aman Mudik Lebaran Idul Fitri 1443 H

Friday, April 15, 2022 | April 15, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-16T00:14:27Z

 


Ilustrasi mudik lebaran ( foto Istimewa )

Terassulteng.com, PALU –Mudik Lebaran merupakan tradisi masyarakat muslim diseluruh Indonesia menjelang pelaksanaan hari raya Idul Fitri khususnya bagi mereka yang berada di perantauan.

Terlebih pemerintah telah memberikan kelonggaran, setelah selama 2 tahun aturan mudik lebaran diperketat karena adanya pandemi covid-19 di tanah air, sehingga banyak yang mengurungkan niat untuk berkumpul keluarga.

Saat ini momen tersebut dibuka oleh pemerintah dengan mengijinkan warga untuk mudik lebaran Idul Fitri 1443 H, tentunya kesempatan ini tidak akan disia-siakan masyarakat.

Tradisi pulang kampung yang dilakukan oleh sebagian perantau ini memang menjadi hal yang wajib setiap lebaran tiba.

Para pemudik akan melakukan perjalanan antar kota dan antar pulau untuk berkumpul kembali bersama dengan keluarga mereka di kampung kelahirannya


Apa yang perlu dipersiapkan

Berbeda dengan mudik sebelum adanya pandemi covid-19, lebaran kali ini membutuhkan persiapan yang lebih banyak. Tujuannya adalah agar kita bisa tetap dalam kondisi tubuh sehat saat berkumpul keluarga.

Berikut ini perlu dicatat tip aman mudik lebaran Idul Fitri 1443 H yang perlu kalian persiapkan.

1.     Tubuh dalam kondisi sehat 

Pastikan tubuh kamu dalam kondisi sehat, bila perlu lakukan tes PCR covid-19 meskipun tidak wajib, hal itu untuk menjaga keluarga kamu nanti, kedatangan kalian tentunya tidak diharapkan membawa virus untuk keluarga, maka dari itu dianjurkan tetap menjaga kesehatan.

2.     Perhatikan syarat mudik lebaran 

Syarat perjalanan mudik lebaran sudah ditetapkan pemerintah. Pertama, penumpang kendaraan umum wajib menyertakan sertifikat vaksin booster untuk perjalanan tanpa tes covid-19.

Kedua, bagi penerima vaksin dosis kedua wajib menunjukan tes antigen negative dan penerima vaksin pertama harus melalui tes PCR terlebih dahulu. Sehingga disarankan yang belum vaksin booster segera lakukan vaksin agar mudik anda lebih aman.

3.     Tetap patuhi protokol kesehatan

Pemerintah menganjurkan bagi setiap pemudik untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, utamanya pemakaian masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan yang memungkinkan terjadinya penularan. Jangan lupa bawa selalu hand sanitizer.

4.     Tentukan jadwal keberangkatan

Tentukan jadwal keberangkatan, dianjurkan untuk tidak terlalu dekat dengan hari H lebaran, hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari penumpukan penumpang dan kehabisan tiket

5.     Siapkan barang bawaan dan obat-obatan

Bawa barang dan obat-obatan seperlunya serta tidak berlebihan, utamanya bagi mereka yang membawa kendaraan sendiri. Bagi mereka yang melakukan perjalanan jauh siapkan makanan cemilan dan minuman, obat-obatan menjaga apabila dalam perjalanan ada anggota keluarga yang tiba-tiba sakit.

6.     Smartphone dan uang tunai

Smartphone berfungsi selain untuk alat komunikasi sekaligus menyimpan dokumen elektronik utamanya bukti layak mudik dalam aplikasi peduli lindungi seperti seritifikat vaksin dan hasil tes covid-19 negatif. Sedangkan uang tunai diperlukan untuk melakukan pembayaran cash dalam perjalanan, tetapi dianjurkan uang tunai disiapkan secukupnya untuk hindari tercecer/hilang atau mengundang kejahatan.

7.     Pastikan rumah aman

Sebaiknya chek betul keamanan rumah, jendela, pintu dan pagar benar-benar terkunci. Alat elektronik cabut dari aliran listrik untuk cegah kebakaran dan tidak meninggalkan barang-barang berharga.

Lebih bagus apabila dilaporkan kepada Ketua RT/RW tentang keberangkatan kita termasuk dengan tetangga sebelah sehingga mereka merasa membantu untuk turut mengawasi rumah kita.

8.     Pastikan kendaraan aman dalam perjalanan

Bagi pemudik yang akan membawa kendaraan sendiri, pastikan kendaraan aman dengan melakukan service terlebih dahulu agar terkontrol kondisi ban, pengereman dan lain-lain, jangan lupa bawa dokumen seperti SIM dan STNK.

Dalam perjalanan tetap patuhi aturan atau rambu-rambu lalu lintas. Saat capek benkendara disarankan untuk istirahat ditempat (rest area) yang aman, bisa di Pos Pengamanan atau Pos Pelayanan yang digelar Kepolisian.

Selamat melaksanakan mudik lebaran Idul Fitri 1443 H, semoga Tip Aman mudik ini membantu perjalanan anda untuk berkumpul bersama keluarga dengan selamat dan bahagia. (TS/Sul)

 

Iklan-ADS space iklan Iklan-ADS space iklan Iklan-ADS space iklan Iklan-ADS
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini